Covid-19 dan Dampaknya Bagi Masyarakat di Indonesia

 Berbicara mengenai pandemi yang bahkan sampai saat ini belum berakhir, kini pemerintah mengupayakan tindak penanggulangan yang harus dipatuhi. Tidak heran jika banyak topik terkait covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat. Namun tahukah Anda apa dampak terbesar dari virus ini?

Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Masyarakat Indonesia

Mengetahui pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir ini, membuat banyak masyarakat merasakan dampaknya entah positif maupun negatif sekalipun. Dalam dampak positifnya, lebih mengingatkan semua manusia akan pentingnya menjaga kesehatan. 

Bahkan ada kabar yang menyatakan bahwa dengan adanya pandemi COVID-19 seperti ini, adanya kasus gangguan pernapasan pada anak di beberapa rumah sakit kian menurun. Hal ini dikarenakan mereka lebih banyak beraktivitas di rumah daripada di luar sehingga kesehatannya selalu terjaga.

Sedangkan dampak negatif dari wabah ini sebenarnya sangat banyak, mengingat hampir seluruh kalangan masyarakat ikut merasakannya juga tak terkecuali bagi sektor ekonomi. Hal ini dikarenakan orang-orang dituntut untuk selalu di rumah dan tak sembarangan makan di luar mengingat virus masih merajalela.

Pandemi COVID-19 dan Dampaknya

Ada kabar yang mengatakan bahwa dengan adanya pandemi ini, berbagai sektor terkena dampak negatifnya. Terutama dalam sektor ekonomi yang mengalami dampak paling serius di antara yang lainnya. Hal ini dikarenakan masyarakat yang susah melakukan jual beli untuk melangsungkan hidup. 

Mengingat diberlakukannya PSBB, para pedagang jadi tidak bisa berjualan seperti biasanya bahkan di tempat-tempat yang biasanya ramai orang kini terlihat lebih sepi dari biasanya. Tak heran jika dalam sektor ekonomi, Indonesia juga termasuk ke dalam negara yang terkena dampak paling buruk.

Salah satu dampak negatif yang terjadi akibat pandemi COVID-19 paling banyak adalah mengenai masalah pengangguran. Hal ini dikarenakan banyaknya aksi PHK yang dilakukan di setiap kantor membuat tenaga kerja saat ini menganggur dan akibatnya banyak dari mereka yang kekurangan.

Pertanyaan Seputar Dampak Akibat Pandemi COVID-19

Mengetahui bahwa pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini, banyak masyarakat terkena dampaknya baik positif maupun negatif. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pembahasan terkait hal tersebut:.

Mengenai Dampak COVID-19 Secara Umum

Berbicara mengenai dampak dari pandemi COVID-19 sendiri sebenarnya terlihat sangat jelas seperti halnya pengangguran yang baru-baru ini banyak dijadikan bahan pembicaraan masyarakat luas. Adapun dampak positif yang bisa diambil yaitu munculnya teknologi baru.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah masyarakat kini kian memperhatikan kesehatan mereka, karena mengingat pandemi COVID-19 yang parah ini bisa menjangkiti semua orang tanpa kenal usia. Hal ini dibuktikan dengan adanya alat pelindung diri yang banyak dipakai.

Dampak Negatif Paling Dirasakan saat Terjadi Pandemi COVID-19

Salah satu dampak negatif yang terlihat paling menonjol adalah terkait masalah perekonomian, bisa Anda lihat sendiri bahwa kehidupan masyarakat sekarang banyak yang mengalami penurunan drastis. Apalagi bagi mereka yang menjalankan usaha untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Apalagi sekarang sudah dilaksanakannya sistem pembelajaran secara daring atau online yang tentu saja tidak semua kalangan masyarakat bisa membeli smartphone canggih. Terutama paket data yang digunakan dalam mengakses pembelajaran tersebut, belum tentu mereka bisa membelinya.

Dampak Positif yang Dirasakan Selama Pandemi COVID-19

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa setelah pandemi ini berlangsung, banyak sekali aktivitas yang dilakukan secara online termasuk dalam berjualan berbagai macam produk bahkan membayar juga semakin banyak memberlakukan sistem online. Hal ini dikarenakan mereka melakukan PSBB.

Dengan diberlakukannya PSBB, masyarakat tidak boleh sembarangan untuk saling berdekatan. Oleh karena itulah banyak sekali kegiatan yang dilangsungkan lewat sistem online. Tak hanya itu saja, dampak positif lainnya adalah masyarakat lebih memperhatikan kesehatan mereka.

Menjalani Dampak Pandemi dengan Kegiatan Positif

Dari segi apapun dampak terjadi, sebagai masyarakat yang baik memang terkadang susah mengambil keputusan secara mendadak. Mengingat sektor perekonomian kini semakin menurun akibat pandemi COVID-19 ini. Tak banyak warga merasa kekurangan akibat tidak bisa bekerja.

Namun, dampak apapun itu ada baiknya Anda hadapi dengan lapang dan jalani sebagaimana mestinya saja. Tidak menyulitkan dan tidak terlalu menggampangkan, hanya bagaimana harus mendapatkan kebutuhan yang cukup selama pandemi berlangsung itu yang perlu dipikirkan.

Jika memang diperuntukkan untuk membuat strategi baru dalam berjualan, jalanilah secara pelan-pelan. Jika Anda menganggap dampak yang diakibatkan dari pandemi ini terlalu dalam maka kehidupan tak akan pernah berjalan, oleh karena itu jalanilah sebagaimana mestinya saja.

Dari penjelasan covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat ada baiknya Anda tetap waspada akan tetapi juga menjalankan kehidupan sebagaimana mestinya saja. Jalani dengan penuh rasa semangat karena mengingat sektor perekonomian semakin turun membuat orang harus lebih memperhatikan strategi baru.


Kontributor : Aimatul Insani

0 komentar:

Posting Komentar